Mulai Tahun Depan, Pengajuan Bantuan Hibah dan Bansos Secara Online

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Proses pengajuan dan pertanggungjawaban bantuan hibah dan bantuan sosial (bansos) oleh Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Kalimantan Utara sedang dipersiapkan untuk bisa dilakukan secara daring (online).

Kepala Biro Kesra Setprov Kalimantan Utara Rohadi menjelaskan, timnya sedang menyiapkan aplikasi khusus untuk merealisasikan hal itu. Kemungkinan baru akan diterapkan tahun 2019 mendatang. “Tahun ini belum diaplikasikan. Mungkin 2019 baru bisa. Kita ingin mau seperti sistem lelang, ada batas waktu pengajuannya,” kata Rohadi saat disua Tribun, Kamis (15/3/2018).

Sesuai aturan, pengajuan proposal hibah dan bansos tidak boleh lewat dari masa penyusunan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) atau tanggal 30-31 Juni.

“Jadi dalam aplikasi itu nanti diberi batas waktu akses pengajuan proposal seperti cara manual,” katanya. Berkas yang dipersyaratkan ke depan hanya perlu diunggah dalam aplikasi yang disediakan.

Namun proses verifikasinyantetap dilakukan secara faktual untuk melihat validitas pengusulan hibah dan bansos. Pengajuan hibah dan bansos secara daring diupayakan untuk mempersingkat rentang kendali pengurusan bantuan.

“Jadi semata untuk mempercepat dan memudahkan pengurusan. Kasihan masyarakat di daerah jauh datang ke sini. Biayanya perjalanan mahal. Syukur kalau dapat bantuan,” katanya.

Pengembangan aplikasi permohonan hibah dan bansos ini untuk mencegah mepetnya waktu pengajuan permohonan. “Karena ada juga biasanya tiba masa tiba akal,” ujarnya.

Dalam laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hibah dan bansos juga kemungkinan akan dijalankan secara daring. “Kita juga ada termin. Supaya itu jadi safety pemerintah, bahwa organisasi, yayasan, atau pihak ini dapat uang bantuan pemerintah. Betul bahwa antara laporan dan fakta sesuai,” katanya. (*)

Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2018/03/15/mulai-tahun-depan-pengajuan-bantuan-hibah-dan-bansos-secara-online?page=all.

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.